Minggu, 17 Februari 2013

Sukses Bisnis Gurami


Keuntungan budidaya ikan tidak sebatas dari usaha pembenihan. Seperti yang dibuktikan Hasim, 34, warga Sidomulyo, Butuh, Purworejo yang sukses mengembangkan usaha pembesaran ikan gurami. Ikan-ikan gurami peliharaannya kini bahkan sudah mampu menembus pasar luar kota.
usahapembesarangurami“Ikan Gurami tidak perlu pasokan air yang mengalir, hampir mirip dengan ikan lele hanya saja perlakukannya khususnya dalam pakan lebih detil dan teratur,” katanya. Apalagi tingkat kematian ikannya maksimal hanya 10 persen.
Hasim menuturkan, usaha pembesaran ikan gurami yang ditekuninya sudah berlangsung dua tahun. Hasil panen ikan guraminya banyak dipesan rumah makan di Purwokerto. “Tidak hanya dipasarkan di Purworejo saja, ikan-ikan gurami saya juga dibeli pedagang ikan di Purwokerto,” imbuhnya.
Ada delapan kolam yang dibuatnya berukuran sama, yakni 7 meter x 4.5 meter persegi dan satu kolam dibuat lebih luas untuk menampung ikan yang siap panen jual. Saat ini ada sekitar 4.500 ekor ikan gurami miliknya.
“Setiap kolam bisa diisi 400 ekor bibit ikan gurami. Setelah besar ikan-ikan itu akan dipindah dan ditampung di kolam yang lebih besar untuk menjaga perkembangannya,” bebernya.
Relasi Hasim, Ahmadi, 45, warga Dlanggu, Butuh, Purworejo menambahkan, apa yang dilakukan Hasim adalah murni pembesaran. Dari delapan kolam ini tidak ada kolam pemijahan
“Bibit-bibit ikan gurami ini beli dari saya dengan harga Rp 1.250 per ekor seukuran korek gas. Setelah besar saya yang mengambilnya. Ikan gurami ini masih 12 bulan, rata-rata per ekornya seberat enam ons, namun harganya sudah mencapai Rp 22.000 per kilogram,” bebernya.
Ahmadi menilai, proses pembesaran ikan yang selama ini dinilai tidak menguntungkan dan justru merugikan, bisa terpatahkan oleh keuletan Hasim.
“Untuk budidaya ikan kata orang lebih menguntungkan untuk pembenihan. Tapi nyatanya, pembesaran atau penggemukan itu terbukti bukan untuk ternak sapi saja, ikan juga bisa sukses seperti ini,” terangnya.

No response to “Sukses Bisnis Gurami”

Leave a Reply