Sabtu, 23 Februari 2013

Usaha Nata De Soya Tanpa Limbah


Hasil Produk Kemasan Nata De Soya
Memilih jenis usaha yang menjanjikan memang harus jeli dan hati-hati. Banyak jenis usaha perorangan atau usaha mandiri yang ditawarkan melalui beberapa pelatihan atau internet yang cukup menggoda. Tapi sayang kalau diamati secara mendalam, ternyata tidak lengkap. Para pengusaha pemula 60% harus mencari sendiri cara melengkapinya agar usaha bisa berjalan dan modal tidak hilang percuma. 


Kalau hanya sekedar bisa membuat suatu produk, tidak perlu sampai ikut pelatihan, seminar atau training yang biayanya cukup mahal. Cukup mencari di internet saja sudah bisa didapatkan berbagai macam teknologi tepat guna secara gratis. Hasil dari berbagai macam pelatihan intinya hanya mengajarkan untuk bisa membuat sesuatu produk barang atau produk jasa saja. Tapi bagaimana cara manajemen bahan bakunya, manajemen produksinya, manajemen pemasarannya, manajemen limbahnya, manajemen legalitasnya dll tidak bisa didapatkan dari pelatihan tsb. Peserta harus berusaha sendiri untuk kebutuhan lain-lainnya. 

Jadi kalau hanya bisa membuat suatu produk itu mudah, tapi bagaimana agar ketrampilan tsb bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan masa depan, itu yang sulit. Usaha mandiri yang bersumber dari lingkungan kita sendiri, sebenarnya cukup banyak dan tidak perlu biaya mahal. Contohnya membuat usaha produksi Nata De Soya adalah bukti nyata usaha yang bisa menjanjikan masa depan.
Nata De Soya Siap Dipasarkan
Disamping itu, usaha ini dapat mambantu kebersihan lingkungan yang sangat positif. Bahan bakunya dari limbah pabrik pembuatan tahu yang ada ditiap kecamatan, atau tiap Desa, selalu dibuang begitu saja, sehingga dapat mencemari lingkungan. Sedangkan proses produksi pembuatan Nata De soya dari limbah tahu ini sendiri adalah  tanpa limbah. Karena limbahnya setelah diolah kembali, bisa dijadikan produk turunan yang bisa mendatangkan uang atau dikembalikan ketanah, untuk menyuburkan lingkungan.

Semua bentuk manajemen usahanya, sangat sederhana dan mudah. Ditinjau dari beberapa sisi, usaha ini layak untuk dicoba. Karena bahan bakunya tersedia melimpah dan gratis. Manajemen prosesnya sangat mudah, tidak memerlukan teknologi tinggi. Tidak memerlukan modal besar dan tidak memerlukan lahan yang luas. Pemasarannya dijamin laku karena enak, menyegarkan dan menyehatkan. Bisa dikonsumsi oleh segala usia. Tidak lekas basi dan bisa bertahan berbulan-bulan. Sama persis dengan hasil produksi Nata De Mocaf atau Nata De Coco. Dan lagi tidak mencemari lingkungan karena tanpa limbah. Ingin belajar membuat Nata De Soya, Klik disini.

Bagi generasi muda kalau menggantungkan nasib masa depan hanya kepada orang lain atau hanya menjadi Karyawan saja, kondisi jaman sekarang sangat mengkhawatirkan. Karena status kerjanya kalau tidak dikontrak, ya ikut outsourcing. Status ini sangat tidak nyaman untuk dijalani. Disamping tidak jelasnya kelangsungan pekerjaan dimasa depan, juga kesejahteraan yang diterima hanya cukup untuk hidup orang bujangan. Tidak cukup untuk hidup berkeluarga dengan anak 1 saja. Apalagi dengan anak 3 yang sedang bersekolah. Rasanya akan sakit kepala terus setiap hari memikirkan pendapatan tambahan.

Solusi cerdas jaman sekarang adalah harus berani memulai wirausaha walaupun kecil-kecilan. Tidak perlu menunggu nanti saja kalau sudah berkeluarga atau nanti kalau sudah punya modal besar. Padahal usia kita jalan terus. Keburu tua dan beban hidup lebih banyak lagi. Carilah atau pilihlah berbagai macam jenis wirausaha yang ada di internet atau yang muncul dari ide sendiri sesuai dengan hoby anda sejak kecil.

No response to “Usaha Nata De Soya Tanpa Limbah”

Leave a Reply