Rabu, 06 Juni 2012

Panduan Menjual Produk Lewat Internet

Dewasa ini sudah banyak situs jejaring sosial yang bermunculan. Memang saat ini di Indonesia, Facebook dan Twitter masih tetap menduduki peringkat teratas. Sudah banyak netter yang memanfaatkan situs Facebook dan Twitter untuk mencari penghasilan/uang, seperti berjualan/berdagang dengan melakukan tag foto produk kepada teman-teman di Facebook atau ngetweet link toko melalui Twitter.
Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk berjualan melalui situs jejaring sosial yaitu dengan cara :
  1. Meningkatkan jumlah teman.
  2. Memilih teman untuk di-add berdasarkan wilayah yang dekat dengan lokasi Anda agar dapat memudahkan Anda untuk melakukan pertemuan jika suatu saat ingin melakukan transaksi jual beli.

  3. Memilih teman untuk di-add berdasarkan usia dan status yang sesuai dengan market plan produk/jasa yang Anda tawarkan/promosikan.
  4. Memilih teman yang memiliki profil yang jelas agar memudahkan Anda di dalam melakukan promosi.
  5. Membuat profil Anda dengan jelas agar saat kita melakukan promosi, mereka akan mempercayai produk/jasa yang kita tawarkan.
  6. Mengupload foto yang real agar setiap teman yang di-add merasa nyaman untuk berkomunikasi.
  7. Sering melakukan update status/tweet tentang produk/jasa yang ingin kita tawarkan.
  8. Konsekuen dengan produk/jasa yang kita tawarkan. Artinya tidak gonta-ganti produk/jasa yang kita tawarkan.
  9. Tidak segan untuk melakukan panggilan/sms ke calon pembeli walau hanya untuk memberikan penjelasan singkat karena hal ini sangat penting untuk meyakinkan calon pembeli.
Masih banyak lagi trik-trik lain yang dapat Anda kembangkan karena setiap orang pasti memiliki strategi yang mungkin harus disesuaikan dengan karakternya. Pada dasarnya berjualan lewat situs jejaring sosial sangat efektif dan efisien karena dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia bahkan seluruh dunia. Untuk itu jika ingin berjualan lewat situs jejaring sosial agar memperhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Membuat sarana pembayaran yang mudah dan cepat.
  2. Memiliki perincian produk/jasa yang jelas.
  3. Memiliki No. Telp/HP yang mudah dihubungi.
  4. Memiliki website pribadi (Optional).
Demikian cara sederhana yang dapat saya sajikan untuk para netter yang ingin berdagang melalui situs jejaring sosial. Semoga bermanfaat bagi Anda.

No response to “Panduan Menjual Produk Lewat Internet”

Leave a Reply