Selasa, 15 Januari 2013

Cara memulai usaha toko buku


tips membuka usaha toko bukuUsaha toko buku – Ingin tahu bagaimana cara memulai usaha bisnis toko buku?
Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan berada pada lingkungan intelektual, mengelola usaha toko buku potensinya cukup besar dibandingkan mereka yang berada di tengah masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan rendah.
Lingkungan kampus atau pusat-pusat kota merupakan lokasi strategis untuk mendirikan usaha bisnis toko buku. Sebab kecendrungan masyarakat Indonesia masih menjadikan buku sebagai kebutuhan skunder bahkan tersier.
Berbeda dengan negara-negara maju yang menjadikan bacaan sebagai kebutuhan primer. Hal ini tentunya terkait dengan kondisi ekonomi masyarakat sekitar.
Bagaimana cara atau langkah awal Anda menjalankan usaha toko buku ini?
Apakah Anda dituntut memiliki modal yang besar untuk mendirikan sebuah usaha  toko buku?
Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk memulai sebuah usaha bisnis toko buku:
1. Mencari tempat atau lokasi yang strategis, yakni di pusat-pusat perkotaan atau di lingkungan akademis seperti kampus, sekolah dan sebagainya. Ini tentu saja menyangkut pasar yang akan Anda bidik.
2. Mencari relasi dengan penerbit, melalui sistem konsinyasi Anda tidak akan repot dituntut membeli lebih dahulu sehingga membutuhkan dana yang besar. Terlebih jika Anda adalah seorang penulis, maka jumlah diskon yang didapatkan dari penerbit akan semakin besar.
3. Menemukan market dengan mengadakan atau menaja berbagai acara. Akan lebih baik jika Anda join dengan komunitas-komunitas kepenulisan dalam menaja acara. Karena biasa komunitas kepenulisan memiliki massa pecinta buku yang cukup banyak.
4. Strategi marketing lainnya bisa Anda lakukan dengan promosi langsung melalui internet seperti facebook, twitter, blog, website dan lain sebagainya.
Usaha toko buku sebenarnya cukup menarik jika Anda tau strateginya. Usaha toko buku ini akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan bisnis makanan yang rentan mengalami resiko kebangkrutan jika stok makanan tidak habis.
Buku lebih tahan lama dan bisa Anda jual di pasaran dalam rentan waktu yang lebih lama.
Berminat mengelola usaha bisnis buku?
Mulai dari sekarang juga dan jadilah pemilik toko buku yang sukses.

No response to “Cara memulai usaha toko buku”

Leave a Reply