Selasa, 15 Januari 2013

Membuka Usaha Kos-kosan


Usaha kos-kosan merupakan salah satu jenis usaha yang begitu menggiurkan. Tidak heran, banyak orang tertarik untuk menggelutinya.
tips membuka Usaha Kos-kosanKeunggulan usaha kos-kosan ini, antara lain sebagai berikut.
1. Pengelolaannya relatif mudah, tidak terlalu menyita waktu dan tenaga. Jadi, pemilik usaha ini masih memiliki banyak waktu untuk menjalankan usaha lain atau melakukan berbagai aktivitas.
2. Memberikan pendapatan rutin tiap bulan, dengan harga yang selalu disesuaikan dengan nilai uang dari waktu ke waktu.
3. Hampir tidak mungkin bangkrut karena peminat kos-kosan terus bertambah.
4. Dapat memberikan tambahan pendapatan jika usaha kos-kosan dilengkapi dengan layanan katering atau laundry.
5. Harga jual tanah dan bangunan yang terus meningkat dengan cepat. Hal ini menjadikan kos-kosan sebagai investasi yang menjanjikan.
Jika Anda mempunyai lahan atau rumah yang cukup luas, dengan banyak kamar di dalamnya, Anda dapat menjalankan usaha kos-kosan dan menikmati berbagai keunggulan dari usaha ini.
Berikut ini adalah tips membuka usaha kos-kosan yang menguntungkan.
1. Menyiapkan modal
Modal yang diperlukan untuk membangun usaha kos-kosan tidak dapat dikatakan murah. Oleh karena itu, pastikan ketersediaan dana Anda mencukupi untuk menutupi biaya pembangunan kos-kosan. Akan tetapi, jika yang Anda jadikan kos-kosan sekaligus merupakan rumah tinggal Anda, modal yang diperlukan tentu saja tidak sebesar jika Anda harus membangun tempat khusus untuk kos-kosan.
2. Memilih lokasi usaha
Lokasi yang tepat untuk membuka usaha kos-kosan adalah di sekitar kampus, pabrik, dan perkantoran.
3. Mengurus perizinan
Izin mendirikan bangunan dan peruntukannya sangat penting untuk dimiliki agar usaha kos-kosan Anda memiliki dasar legalitas yang kuat sehingga tidak dianggap sebagai bangunan liar.
4. Memastikan faslititas yang diperlukan tersedia
Agar penghuni kos-kosan Anda nantinya merasa nyaman dan betah, Anda harus memastikan bahwa fasilitas dasar kos-kosan tersedia dengan baik, seperti air, listirk, tempat tidur, alat untuk kebersihan rumah, dan sebagainya.
1. Pastikan kos-kosan Anda aman. Jaminan keamanan ini dapat diberikan dengan menyewa jasa pengamanan atau mendesain bangunan kos-kosan sedemikian rupa sehingga tidak mudah dimasuki oleh sembarang orang.
2. Selektif dalam memilih calon penghuni. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah yang mungkin timbul jika penghuni kos Anda ternyata adalah orang yang bermasalah.
3. Menetapkan aturan-aturan agar kehidupan di kos-kosan berjalan tertib dan sejalan dengan lingkungan sekitar.
Selain Anda mendapatkan penghasilan pasif income dari usaha kost-kostan ini, Anda juga bisa mendapatkan kenaikan harga properti yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
Jadi, menjalankan usaha kos-kosan ini sangat prospektif, menguntungkan dan selalu bertahan di sepanjang jaman.
Sebagai contoh jika Anda ingin membuka usaha kos-kosan yang menyangsa pasar menengah untuk mahasiswa, berikut ini analisa keuntungan usaha kos yang bisa Anda dapatkan:
Analisa Penghasilan Dari Usaha Kos-kosan
Pemasukan dari sewa kamar rata-rata per bulan = 300 ribu x 20 kamar = 6,6 juta/bulan
Pengeluaran
Listrik = 500 ribu
Gaji 1 orang pegawai = 800 ribu
Biaya pemeliharaan = 200 ribu
Total pengeluaran bulanan = 1,5 juta rupiah
Keuntungan= 5,1 juta/bulan atau dalam setahun 61 juta rupiah sebagai penghasilan sampingan yang cukup besar :)

No response to “Membuka Usaha Kos-kosan”

Leave a Reply