Minggu, 20 Januari 2013

Kerajinan Tangan ISi Waktu Luang


Apakah hidup anda monoton karena anda memiliki terlalu banyak waktu luang? Ataukah anda adalah seseorang yang tidak bisa diam dan ingin terus berkarya? Atau mungkin anda adalah orang yang ingin memanfaatkan kreativitas untuk bisnis?
Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Membaca novel, menonton film, mendengarkan musik, berolah raga, dan melakukan hobi lain adalah hal yang paling sering dilakukan oleh seseorang ketika jenuh dan bingung menghabiskan waktu untuk melakukan apa.
Sebenarnya ada banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, khususnya jika anda adalah seorang wanita. Misalnya saja menjahit, memasak, serta membuat beberapa kerajinan tangan.
Nah, pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang beberapa kegiatan kreatif yang cukup mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah, serita bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menjanjikan.
Apa saja?? Ini dia..


1.   Kerajinan tangan dari kain felt.
Tidak bisa menjahit bukan alasan yang tepat untuk tidak mencoba membuat pernak-pernik dari kain felt atau kain flanel. Kain bertekstur yang sedikit tebal ini bisa kita sulap menjadi berbagai macam bentuk dengan berbagai kegunaan, misal untuk suvenir pernikahan, gantungan kunci, tempathandphone, jepit rambut, boneka mini, hiasan pada mukena, kalung, hingga berbagai miniatur makanan. Alat dan bahan yang anda butuhkan untuk membuat beberapa kerajinan tangan juga cukup mudah, hanya dengan berbekal beberapa lembar kain felt, gunting, lem kain (bisa juga dengan lem tembak), dakron (jika diperlukan, benang, dan jarum. Jangan khawatir, untuk membuatnya, anda hanya membutuhkan kemampuan dasar menjahit untuk merekatkan tepi kain satu dengan yang lainnya. Hanya dibutuhkan waktu satu minggu maka anda akan mahir dengan sendirinya.

Contoh kreasi felt dari tangan profesional :
kue felt


Nah, ini karya saya :



Lumayan juga kan.. ini karya pertama saya :)



2.   Quilling paper (kertas gulung).
Banyak orang yang masih awam tentang kerajinan tangan yang satu ini. Apa itu? Quilling paper adalah kerajinan tangan dengan cara menggulung-gulung kertas dengan bentuk yang bermacam-macam. Biasanya bentuk-bentuk ini ditempelkan menjadi hiasan dari sebuah kartu ucapan. Nah, kegiatan ini cocok untuk anda yang ingin mengembangkan sesuatu yang berbeda, misal mengembangkan usaha kartu ucapan yang selama ini desainnya terkesan monoton. Untuk memulainya, anda hanya membutuhkan kertas gulung (tersedia di toko, atau bisa anda buat sendiri dengan cara menggunting kertas HVS), lem kertas, serta gunting.
Berikut adalah contoh step by step untuk membuat kupu-kupu dari kertas :





Contoh quilling paper dari tangan profesional :




Nah, ini karya saya :



        Percaya atau tidak, ini karya pertama saya loh. Lumayan kan? hehehe




3.   Clay tepung.
Clay, ya clay yang bisa dibentuk jadi hiasan lucu itu. Tidak banyak yang tahu kalau clay juga bisa dibuat dengan mudah dengan bahan dasar tepung. Untuk apa clay tepung dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis rumahan? Jawabannya adalah banyak. Karena bentuk tiga dimensinya yang lucu (jika anda sudah expert tentunya), serta pewarnaan yang mudah dikresikan, banyak peminat clay tepung untuk menjadikan produk kreasi ini untuk hiasan kue, suvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, replika wajah orang, hingga bandul pada kalung. Berbeda dengan dua kreasi di atas, pembuatan clay tepung ini lebih rumit. Namun jika anda telaten, dua sampai empat minggu mungkin akan jadi hal yang mudah sekali bagi anda. Lalu bagaimana cara membuatnya? Tenang, pasti saya berikan rahasianya. Nah, ini dia resepnya.. dicatat ya..


BAHAN
a. tepung maizena 20 gr
b. tepung tapioka 20 gr
c. tepung beras 20 gr
d. lem putih 50 gr
e. benzoat secukupnya ( pengawet kue )

CARA BUAT :
a. campur ketiga bahan tepung dan benzoat, kemudian tambahkan lem putih
b. uleni bahan - bahan tersebut sampai rata
c. teteskan warna yang kita inginkan dengan tusuk gigi
d. aduk bahan dan warna

SUMBER : YUK BERKREASI DENGAN ADONAN CLAY
PENULIS : INDIRA
PENERBIT : GRAMEDIA



Contoh kreasi clay dari tangan profesional :

suvenir clay


Nah, ini karya saya :




Jujur, ini adalah karya pertama saya, tapi bisa dikatakan gagal karena saya lupa memberi pengawet dan seminggu kemudian clay ini rusak :(


Well.. Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk mencoba?
Untuk tutorial lebih lanjut, hubungi saya, dan kita akan sama-sama belajar membuat berbagai kerajinan tangan. hehehe
Semoga bermanfaat. Selamat mencoba :)

No response to “Kerajinan Tangan ISi Waktu Luang”

Leave a Reply