Selasa, 15 Januari 2013

Peluang Usaha Membuka Kursus Komputer Dari Rumah


Kursus komputer merupakan salah satu jenis kursus yang paling banyak diminati, terutama karena keahlian menggunakan komputer dibutuhkan di hampir semua bidang kerja dan menjadi salah satu syarat utama yang diajukan di banyak iklan lowongan kerja.
Usaha kursus komputer ini didasarkan pada keahlian, sehingga sekalipun bisa dimulai dari rumah itu tidak menjadi masalah karena jika anda ahli dalam urusan teknologi komputer maka murid anda akan banyak.
tips membuka Kursus KomputerBerbeda dengan jenis kursus seperti kursus mata pelajaran sekolah, kursus jahit atau kursus melukis, misalnya, kursus komputer tidak hanya membutuhkan tenaga pengajar serta ruang melainkan juga teknologi yang dapat mendukung proses pengajaran.
Jika anda berminat, berikut adalah 4 tips sukses membuka kursus komputer termasuk hal-hal yang harus anda siapkan dalam hal piranti keras (hardware), piranti lunak (software) serta iklan.
1.Tempat kursus komputer yang nyaman
Untuk memulai kursus komputer ini, anda bisa gunakan bagian dari rumah anda, idealnya supaya tempat belajarnya nyaman, paling tidak anda harus menggunakan ruang minimal 50 meter persegi, berikan AC, pengharum ruangan, papan white board, kursi lipat yang bisa untuk menaruh laptop.
Biasanya kursus komputer seperti ini mewajibkan siswa untuk memiliki laptop sehingga ketika proses belajar mengajar dimulai itu akan memudahkan anda, paling tidak anda tidak harus menyediakan banyak perangkat komputer sebagai sarana belajar mengajar.
2. Memilih Piranti Keras dan Lunak
Jika misalnya anda ingin menyediakan sarana belajar seperti komputer maka teknologi piranti keras yang dibutuhkan untuk sebuah kursus komputer sudah pasti membutuhkan kemampuan untuk melaksanakan tugas berat.
Anda bisa mengusahakan agar tiap-tiap komponen memiliki kemampuan untuk menerima tugas berat sekaligus menghemat listrik; misalnya, anda tidak perlu memilih komputer dari jenis yang terlalu mahal namun pastikan tetap bermutu.
Pilih komputer dengan layar LCD yang lebih hemat listrik dan memiliki memori paling tidak 2 GB serta hard disk minimal 300 GB.
Jangan lupa membeli stabilizer agar komputer tidak cepat rusak karena sering dipakai dan pasang LAN Card untuk pelajaran yang berkaitan dengan internet.
Untuk piranti lunak, pilihlah program-program standar yang pasti digunakan dalam dunia kerja seperti Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, Java, Visual Basic dan sebagainya.
Anda juga bisa menambahkan piranti lunak untuk bidang-bidang khusus seperti Adobe Premiere (penyuntingan video), 3D Studio Max dan Archicad (arsitektur) dan sebagainya.
3.Tentukan Sasaran Konsumen
Untuk usaha kursus komputer ini harus tepat sasaran, karena tidak semua orang bisa menjadi sasaran dari usaha anda.
Bisa jadi anda mengkhususkan untuk anak-anak usia sekolah sampai dengan SMU, misalnya.
Adapun program yang ditawarkan adalah hal-hal yang akan mendukung siswa tersebut dalam belajar di sekolah maupun ketika nanti kuliah seperti misalnya kursus komputer tentang design grafis, microsoft office, membuat website, photosop, corel, dll
4. Membuat Iklan Usaha Kursus Komputer

Setelah anda memiliki ruang dan teknologi, anda harus membuat iklan untuk mencari staf pengajar, admin serta murid.
aat ini, mengiklankan sebuah tempat kursus sangat mudah berkat adanya teknologi internet dan media sosial.
Akan tetapi, anda juga harus memperhitungkan orang-orang yang gemar mencari informasi lowongan kerja atau kursus lewat koran, sehingga tidak ada salahnya anda mencantumkan iklan promosi tempat kursus serta iklan lowongan kerja untuk mencari guru di koran.
Jika anda ingin iklan anda menonjol, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk membuat iklan yang lebih menyolok ketimbang hanya memesan iklan baris.
Potensi keuntungan yang bisa didapat dari usaha kursus komputer ini bisa mencapai  70% dari omset pemasukan.
So, anda tertarik membuka usaha kursus komputer ini? :)
Untuk iklan lowongan kerja guru, anda bisa memanfaatkan situs lowongan kerja populer seperti Jobstreet agar cepat mendapat hasil.

No response to “Peluang Usaha Membuka Kursus Komputer Dari Rumah”

Leave a Reply