Kamis, 31 Januari 2013

Pengalaman Usaha


Saya berfoto di depan miniatur Pusat Grosir Yiwu yang terbagi dalam 4 sector, tidak ada pusat perbelanjaan di Indonesia yang bisa dibandingkan dengan besarnya Pusat Grosir Yiwu, saya yakin bahkan dalam 8 hari kita tidak akan bisa menjelajahi setiap sektor yang ada. Penjualnya semua orang China tetapi pembelinya dari semua negara ada, sebagian besar penjual bisa tawar-menawar dalam Bahasa Inggris.

Pengalaman Pribadi Saya membeli barang dari Yiwu untuk dijual di Indonesia :

Saat itu, yang pertama saya lakukan adalah saya mencoba mencari tahu barang yang sedang laku di pasaran online (karena saya belum punya toko fisik), dan saya menemukan Botol Vapur, anda bisa melihat toko online sederhana saya di http://tinyurl.com/vapurku dan anda bisa lihat di referensi toko online lain bahwa botol minum ini dijual hingga Rp 65.000, tapi supaya laris saya jual eceran Rp 25.000 dan saya jual juga lusinan Rp 15.000 ke toko-toko untuk dijual Rp 25.000 (selisih Rp 10 ribu untuk keuntungan mereka).
Saya beli grosir 1000 pcs di Yiwu, karena modal saya juga tidak terlalu besar dan masih coba-coba, tetapi ternyata tidak sampai 4 bulan sudah habis stok saya, padahal hanya jualan di internet !!!
Ini cerita pengalaman pribadi saya, yang bisa anda jadikan referensi, tetapi bukan jaminan, saya hanya bisa membantu dan mengarahkan sesuai insting anda sendiri, jaminan akan berhasil / mendapat untung sepenuhnya tergantung pada usaha dan insting bisnis anda !!!
Berikut perhitungan saya, untuk modal saya yang belum terlalu besar dan tidak punya toko hal ini sudah cukup membanggakan untuk saya. Apalagi apabila anda sudah punya toko dan sudah punya alokasi modal khusus untuk kulakan, maka ini bisa jadi satu peluang untuk anda.
Modal :

Harga Beli : Harga grosir 1000 pcs setelah tawar menawar adalah 2.1 RMB, pakai kurs 1 RMB = Rp 1.400 jadinya Rp 2.940 !!! Jadi total harus saya bayar ke toko di Yiwu adalah RMB 2.100 atau setara dengan Rp 2.940.000.
Ekspedisi ke Indonesia : Untuk mengirim dari Yiwu ke Jakarta ada 2 pilihan, jalur udara atau laut, dan perbedaan harganya cukup besar, karena tidak terburu-buru saya gunakan jalur laut dengan sistem volume, jadi dihitung volumenya saja tidak peduli beratnya berapa. Volume dihitung per meter kibik (m3), ekspedisi yang saya pakai menggunakan harga Rp 3.300.000 per meter kibik. Botol Vapur saya sebanyak 1000 pcs telah dipacking dalam kardus dan volume totalnya 0.4 m3. Jadi total biaya kirim yang harus saya bayar adalah 0.4 x Rp 3.400.000 = Rp 1.360.000 dan dibayarkan saat barang saya sudah sampai Jakarta. Sengaja saja cari perusahaan ekspedisi yang baru menagih biaya ekspedisi saat barang sudah sampai di alamat saya di Jakarta, sehingga saya merasa lebih aman dan tidak perlu khawatir !
Ekspedisi Lokal : Karena saya tinggal di Surabaya, barang saya dikirim dengan ekspedisi lokal yaitu dengan kereta api, biayanya tidak sampai Rp 70.000 (tergantung besar dan beratnya).
Jadi Total Biaya yang saya keluarkan : 
Rp 2.940.000 + Rp 1.360.000 + Rp 70.000 = Rp 4.370.000
Harga per pcs : Rp 4.370.000 / 1000 pcs = Rp 4.370
Keuntungan per pcs (jual lusinan Rp 15.000) : Rp 15.000 - Rp 4.370 = Rp 10.630.
Maka keuntungan saya menjual botol minum ini adalah 1000 pcs x Rp 10.630 =Rp 10.630.000 -> bisa menutup biaya saya ke China :)
Ini hanya salah satu pengalaman yang terjadi pada diri saya, anda belum tentu bisa memiliki pengalaman yang sama, bisa jadi berhasil bisa jadi belum berhasil, namun bukankah ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus dan patut dicoba?! apalagi kalau anda punya modal yang lebih besar, punya jiwa wiraswasta yang tinggi, sudah punya toko sendiri, atau sudah punya jaringan / network yang luas / kenalan yang banyak, dsb, sehingga Nilai Keuntungan di atas sangat mungkin bisa menjadi berlipat dan rutin.
Ada ribuan barang di Yiwu yang hampir pasti laku di Indonesia! Semuanya serba murah, istri saya iseng-iseng membeli 10 buah tas tiruan LV / Gucci dengan harga rata-rata 50-100 RMB (Rp 70.000-Rp 140.000) dan dijual lagi Rp 300.000 - Rp 500.000, dan bisa laku !!! saya juga heran ?!?!
Jika anda hitung-hitung, biaya Tour / Workshop ini hanya sekitar 8-9 jutaan. Saya yakin anda bahkan bisa lebih hebat dari saya dan mendapat keuntungan lebih besar dari saya (setelah tahu ilmu ini), apalagi kalau anda tekuni dan kembangkan. Tapi sekalipun anda hanya iseng-iseng seperti saya dulu, bukankah keuntungan 'iseng-iseng' Rp 10 juta di atas tadi sudah menutup biaya anda 'menuntut ilmu ke negeri China' (balik modal) ?! Saya yakin anda setuju dengan saya bahwa 'ilmu dagang' ini sangat berharga, bukan begitu ?!
Sering ada workshop / seminar yang mahal tentang peluang usaha tetapi banyak teori dan susah di praktek kan, sedangkan dengan workshop ini anda langsung mendapat ilmu nya dan bahkan langsung praktek di China, sangat efektif dan tidak mahal bukan ?
Program Workshop ini cocok untuk anda yang sedang akan berwirausaha/ membangun usaha anda sendiri, atau anda orang tua yang ingin mencarikan peluang usaha sambilan untuk putra/putri anda yang baru lulus SMA/Perguruan Tinggi, atau anda istri yang ingin berjualan/bekerja di rumah sambil menjaga anak, dan siapapun juga anda yang melihat peluang usaha ini sebagai sesuatu yang berprospek bagi kehidupan anda.




 

One response to “Pengalaman Usaha”

dina mengatakan...

PENGEN DAPAT JUTAAN?
YUK LANSUNG AJA KE ZEUSOLA!

Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !

Tunggu Apalagi Segera Daftar Dan Bermain Di Zeusbola!
Jangan Lewatkan Jackpot Anda!

INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607


Leave a Reply