Minggu, 17 Februari 2013

Membuka Rental Komputer


rental_komputerJika Anda mempunyai lokasi usaha di dekat kampus, Anda berpeluang membuka usaha rental komputer. Maklum, di lingkungan mahasiswa, komputer termasuk sarana yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Hampir semua tugas dan praktikum dikerjakan menggunakan komputer. Tetapi tidak semua mahasiswa mamiliki komputer. Hal ini tentu dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Selain keuntungan besar yang diperoleh dari bisnis tersebut, usaha rental komputer pengelolaannya termasuk mudah, dan terjangkau. Dengan memilih tempat usaha yang strategis berada di sekitar wilayah kampus, akan mempermudah untuk menarik minat para konsumen yang rata-rata mahasiswa. Karena ini termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Dengan dukungan fasilitas peralatan lengkap serta berkualitas, juga mampu menjadi salah satu cara untuk memikat hati para konsumen. Misalnya saja memilih komputer serta printer dengan kualitas bagus, menyediakan scanner, serta menyediakan jasa internet bagi yang ingin berselancar di dunia maya .

Dengan fasilitas yang lengkap, akan mempermudah proses pemasaran yang ada. Selain dari pemasaran dari mulut ke mulut, buatlah promosi kecil dengan menyebarkan brosur, pamflet, atau menempel poster di tempat-tempat para mahasiswa menghabiskan waktunya. Untuk penetapan standar harga, berikan harga yang mampu bersaing dengan rental lain yang ada.

Namun jika telah memiliki konsumen yang banyak, menjaga kualitas pelayanan juga harus tetap dijaga. Usahakan selalu menyelesaikan order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila kebanjiran order, kurangi ambil resiko dengan menolak order yang melebihi beban kerja. Atau bila memungkinkan, carilah tambahan pekerja freelance untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah.

Apabila Anda tertarik dengan usaha ini, mulailah dengan menyediakan komputer minimal sebanyak empat buah yang kondisinya masih baik. Anda juga harus menyediakan printer dan scanner. Selain itu, Anda juga harus menyediakan barang-barang yang dibutuhkan para mahasiswa seperti CD kosong, kertas, maupun alat-alat tulis lainnya. Semoga sukses!

No response to “Membuka Rental Komputer”

Leave a Reply