Sabtu, 23 Februari 2013

Usaha Tepung Mocaf Tanpa Limbah


Sticker kemasan tepung mocaf
Membuat tepung terigu sekarang tidak hanya bisa terbuat dari gandum tapi ternyata bisa juga dibuat dari fermentasi singkong. Namanya sekarang populer dengan 'Tepung Mocaf' atau modified cassava flour hasil penelitian pertama dari Dr. Achmad Subagio staf pengajar di Universitas Negeri Jember Jawa Timur. 
Hanya tepung terigu ini tidak ada glutennya seperti halnya tepung terigu yang dari gandum. Tapi dengan tidak adanya gluten ini, justru tepung mocaf baik untuk anak-anak penderita autis. Tidak hanya itu. Tepung mocaf sudah terbukti sebagai bahan pangan yang bisa dipakai untuk bahan baku membuat segala macam jajanan pasar, roti, biscuit, brownies, mie dll hampir seluruh makanan yang biasanya dibuat dari tepung terigu, bisa digantikan dengan tepung mocaf (hampir 100%).

Bahan baku singkong tersedia melimpah dan murah diseluruh Indonesia. Karena singkong mudah ditanam disemua jenis tanah yang ada diseluruh pelosok Nusantara. Selama ini hasil panen singkong lebih banyak dibuat gaplek  dari pada diolah menjadi bahan baku setengah jadi atau produk lain yang mempunyai nilai tambah lebih tinggi. 
Padahal teknologi fermentasi atau mengolah singkong menjadi produk lain, misalnya menjadi tepung mocaf tidaklah sulit. Ditingkat petanipun bisa melakukan produksi tepung mocaf  sendiri didesa ybs tanpa perlu datang kekota besar. Yang perlu dibawa ke kota besar adalah produk jadinya yaitu tepung mocafnya. Bukan bahan bakunya atau proses produksinya tapi sekali lagi hasil produknya yang dibawa kekota. 
Walaupun tepung mocaf itu sendiri juga laku didesa setempat. Sebenarnya tergantung tingkat produksinya. Kalau kecil, cukup dijual didesa setempat saja pasti laku.
Kebutuhan tepung-tepungan bahan pangan di Indonesia, sangatlah besar. Contohnya kebutuhan (import) tepung terigu sekarang sudah jutaan ton dan terus meningkat setiap tahun. Kalau kebutuhan import tepung terigu tsb 30% bisa digantikan tepung mocaf dalam negeri, alangkah besarnya kebutuhan tepung mocaf didalam Negeri dan alangkah besarnya sumbangan penghematan devisa yang bisa dilakukan oleh tepung mocaf untuk Negara.
Disamping itu akan tercipta peluang wirausaha membuat tepung mocaf secara mandiri yang otomatis bisa menyerap ribuan bahkan mungkin ratusan ribu tenaga kerja ditingkat Desa. Sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat urbanisasi para tenaga kerja muda ke Kota.


Kemasan tepung mocaf ukuran kecil

Memproduksi bahan pangan (tepung mocaf) tidak perlu khawatir tidak laku dijual. Penduduk Indonesia semakin tahun terus semakin meningkat dan   pasti butuh pemenuhan bahan pangan. Apalagi tepung mocaf bukan barang yang mudah basi. Bisa digudangkan selama 1 tahun bila dikemas dengan baik dalam kemasan hampa udara (dengan vacum sealer). Sehingga layak untuk di-export keluar negeri yang bisa mendatangkan devisa (bukan malah mengeluarkan devisa).
Dengan terciptanya peluang usaha tepung mocaf, diharapkan dapat membantu meningkatkan harga jual singkong ditingkat petani yang selama ini dihargai sangat rendah. Sehingga para petani dapat ikut tersenyum merasakan hasil panen yang lebih baik. Bagaimana cara membuat tepung mocaf tanpa limbah, klik disini.
Tanah-tanah kosong atau lahan tidur yang selama ini banyak dibiarkan terlantar, bisa diolah untuk ditanami singkong unggul. Tidak dibiarkan menjadi lahan yang tidak produktif. Sayang sekali kalau terus dibiarkan. Padahal lahan kosong kalau dibiarkan terus menerus tidak ditanami dengan tanaman produktif, akan menjadi kurus dan keras karena kekurangan unsur organik.
Pembuatan tepung mocaf dalam skala kecil maupun besar memang perlu memikirkan limbah fermentasinya secara serius agar tidak menganggu lingkungan. Limbah cair fermentasi kalau dibuang ke sungai atau pada lahan terbuka lainnya, bisa mencemari udara (bau) dan mencemari air sumur karena adanya kandungan asam sianida walaupun kecil. 
Namun sekarang sudah ditemukan manajemen cara membuat tepung mocaf yang tanpa limbah. Karena semua limbahnya dapat dimanfaatkan untuk bahan baku produk turunan yang bisa menghasilkan uang berlipat-lipat. Baik limbah padatnya maupun limbah cairnya. Limbah cairnya bisa dijadikan bahan dasar pembuatan Nata De Mocaf dll. Sedangkan limbah padatnya bisa dimanfaatkan yang lebih berguna lagi. Tidak ada limbah pembuatan tepung mocaf yang tidak berguna. Ingin tahu caranya membuat nata de mocaf, klik disini.


Limbah Cair dari fermentasi mocaf

Untuk memulai usaha memproduksi tepung mocaf tanpa limbah tidak perlu dengan modal besar dan lahan yang luas. Cukup dengan uang 2 jutaan dan lahan 20 M2 dibelakang rumah sudah bisa menghasilkan 1 kwintal tepung mocaf per minggu untuk memenuhi kebutuhan pasar setempat. Cocok bagi masyarakat umum yang modal awalnya pas-pasan. Atau untuk para Pemuda yang sudah bosan jadi pegawai kontrakan/outsourcing. Silahkan alih profesi mulai sekarang. 

No response to “Usaha Tepung Mocaf Tanpa Limbah”

Leave a Reply