Minggu, 17 Februari 2013

Usaha Rental Play Station


rental_psMemulai usaha yang paling familiar dengan diri kita adalah suatu langkah membuka bisnis yang paling mudah. Tidak perlu belajar dari nol untuk mengetahui seluk beluk bidang usaha tersebut. Dan dengan berbekal kesukaan terhadap bidang tersebut maka biasanya akan lebih mudah bagi kita untuk sukses. Begitu juga jika Anda menyukai Play Station (PS). Permainan adiktif satu ini bisa menjadi hobi sekaligus ladang emas bagi Anda jika Anda benar-benar serius menekuninya.

Langkah-langkah memulai:

1. Lakukan sebuah survei di antara teman-teman atau kenalan Anda untuk mengetahui berapa sebaiknya patokan harga sewa per jamnya.
2. Pilih tempat usaha yang ramai. Misalnya di tengah perumahan yang banyak anak kecil. Jangan lupa untuk meminta ijin usaha ke ketua rukun tetangga setempat karena biasanya usaha rental PS menimbulkan suara yang bisa mengganggu lingkungan sekitar. Sewalah sebuah kios atau jika modal belum besar, gunakan sebuah ruang kosong di rumah Anda. Idealnya ruangan yang digunakan berbentuk memanjang sehingga bisa diawasi dengan satu orang saja.
3. Siapkan modal yang memadai. Modal ini dibutuhkan untuk membeli peralatan permainan PS. Pesawat TV, perangkat game, serta koleksinya merupakan kebutuhan vital dalam bisnis ini. Dapatkan harga murah dengan membeli barang bekas atau barang yang ada di Pegadaian terdekat.


Langkah-langkah realisasi:

1. Sediakan TV dengan ukuran layar yang representatif.
2. Sediakan kamar kecil.
3. Belilah koleksi game yang lebih banyak sehingga semakin banyak pelanggan datang dan pelanggan yang sudah ada tidak akan merasa bosan dengan koleksi yang Anda miliki.
4. Sediakan makanan dan minuman ringan. Anda bisa menjual makanan dan minuman ringan tersebut dan meraih untung lebih banyak.
5. Jika perlu, berikan ruang parkir kendaraan apalagi jika kebanyakan pelanggan banyak yang mengendarai sepeda atau motor.
6. Untuk meredam suara yang bisa mengganggu ketenangan lingkungan sekitar, Anda bisa mendesain ruangan yang ada sedemikian rupa dengan lapisan kayu dan membuatnya menjadi lebih tertutup sehingga suara tidak akan menyebar terlalu banyak.
7. Pada bulan pertama membuka usaha, catatlah dengan seksama pengeluaran terutama yang berhubungan dengan listrik karena nyawa usaha ini adalah listrik.
8. Saat usaha masih kecil mungkin Anda masih bisa menangani usaha rental PS ini sendiri tetapi saat Anda merasa kewalahan untuk mengelolanya, jika anggaran memungkinkan tidak ada salahnya mempekerjakan seorang atau beberapa karyawan.
9. Penting untuk selalu mengetahui perkembangan terbaru dunia PS. Jangan sampai usaha rental PS Anda sangat ketinggalan dibanding perkembangan PS.
10. Sediakan kipas angin atau ventilasi yang cukup.

Langkah-langkah pemasaran:

1. Sebarkan berita pendirian usaha rental PS Anda ke sebanyak mungkin orang. Penyebaran selebaran juga bisa dilakukan.
2. Pasang banner, spanduk atau papan iklan.
3. Berikan potongan harga khusus dengan sistem paket bagi pelanggan yang menginginkan bermain dalam jangka waktu yang lebih panjang.
4. Adakan kontes atau lomba yang menawarkan hadiah sehingga lebih banyak orang mengenal usaha Anda.

Tantangan:

1. Usaha jenis ini berkembang lambat apalagi jika modal kurang.
2. Dengan bermunculannya game center, persaingan untuk menjaring pelanggan akan semakin ketat.
3. Usaha rental PS sudah sangat menjamur sehingga persaingan akan sangat ketat.

No response to “Usaha Rental Play Station”

Leave a Reply