Minggu, 18 November 2012

Cari Atau Tidak Cari Modal, Anda Harus Punya Proposal Usaha

Anda tahu, banyak sekali pengusaha yang salah dalam mengartikan proposal bisnis. Mereka beranggapan bahwa proposal kelayakan bisnis tidak harus dibuat.
Atau ada sebagian pengusaha yang berpikiran bahwa proposal usaha bisnis hanya dibuat jika mereka membutuhkan suntikan modal atau pinjaman uang.
Jadi selama mereka tidak membutuhkan dana, selamanya mereka tidak akan membuat bisnis plan, apalagi proposal usaha kecil.
Bahkan jika mereka membuat proposal bisnispun, beberapa waktu kemudian mereka memasukkan proposal bisnis tersebut ke dalam laci dan tidak pernah dilihat dan diperbarui lagi. Entah karena disibukan hal-hal lain atau karena proposal bisnis hanya dianggap formalitas belaka.
Padahal tidak demikian. Ok, akan saya jelaskan sedikit tentang pentingnya proposal bisnis, yang sebenarnya saya lebih suka menyebutnya rencana bisnis. Ada 3 tujuan utama mengapa anda perlu menulis proposal bisnis dan selalu memperbaruinya.

1. Sebagai panduan bisnis anda.
Alasan utama anda harus menulis proposal bisnis adalah untuk mengembangkan sebuah panduan bisnis yang dapat diikuti sepanjang bisnis anda berjalan. Proposal bisnis adalah cetak biru (blue print) perusahaan anda.
Proposal bisnis bisa anda gunakan untuk menganalisa dan menerapkan perubahan-perubahan yang sering terjadi di dunia bisnis agar bisnis anda lebih menguntungkan.
Proposal bisnis akan memberikan informasi yang lebih rinci atas seluruh aspek operasi perusahaan anda di masa lalu, sekarang maupun proyeksi beberapa tahun ke depan. Entah strategi pemasarannya, manajemennya, produk atau jasanya, tren industrinya, pesaing anda atau kekayaan usaha anda. Di bisnis tidak ada yang kekal.
Perubahan bisa terjadi begitu saja. Anda bisa menemukan tiba-tiba kompetitor anda meniru produk anda dan memperbaikinya hingga lebih baik dan peta pesaingan berubah drastis. Siapa yang tahu?

2. Sebagai dokumentasi pendanaan.
Apabila anda mencari dana, proposal bisnis akan merinci bagaimana dana itu dapat memajukan tujuan perusahaan dan meningkatkan laba usaha anda. Jika anda menggunakan investor, walaupun investor tersebut teman atau keluarga anda, mereka ingin mengetahui bagaimana cara anda mengatur arus kas dan apakah investasinya dapat meningkatkan kekayaan bersih mereka.
Investor juga ingin tahu apakah mereka bisa memproleh laba atas investasi mereka, bahasa kerennya adalah Return On Investment (ROI). Maka buatlah dan perbarui selalu proposal bisnis anda.
Saya punya pengalaman yang agak pahit. Pertama kali saya membuat proposal bisnis, begitu selesai dan saya sebarkan ke beberapa calon investor, proposal tersebut tidak pernah saya perbarui lagi.
Dua tahun kemudian, tak disangka-sangka ada seorang investor yang ingin berinvestasi di bisnis saya. Saya diberi waktu 10 hari untuk menyerahkan proposal bisnis saya. Saya tidak sempat memperbarui proposal bisnis saya lagi.
Padahal segalanya telah berubah. Standar gaji karyawan telah naik, bahan bakar naik, kompetitor berkurang, biaya iklan di koran berubah dan harga pakan telah berganti. Akhirnya investor tersebut tidak jadi berinvestasi di bisnis saya. Sayang kan?

3. Bekerja di pasar luar negeri.
Mungkin anda tidak pernah membayangkan bahwa suatu saat anda akan berbisnis di pasar luar negeri. Tapi sekarang, kesempatan itu bisa saja tiba-tiba datang. Dan bila anda berbisnis secara internasional, proposal bisnis menjadi alat standar untuk mengevaluasi potensi bisnis anda di pasar luar negeri.
Saat ini, anda tidak boleh mengabaikan potensi perdagangan internasional. Sebabnya adalah pesatnya perubahan teknologi, komunikasi dan transportasi, terutama internet. Proposal bisnis dapat menunjukkan bagaimana cara agar bisnis anda dapat bersaing di era ekonomi global saat ini. Kalau anda butuh contoh proposal usaha, anda bisa klik download proposal usaha dan cara membuat proposal usaha.
Sebelum anda menyusun perencanaan bisnis, ingatlah selalu bahwa salah satu alasan utama gagalnya suatu usaha adalah lemahnya perencanaan. Sering dikatakan bahwa kegagalan merencanakan bisnis, berarti merencanakan untuk gagal. Tulislah proposal perencanaan bisnis anda dengan jelas dan singkat. Sukses bisnis anda bergantung padanya, tentunya dengan ijin yang Sang Pencipta…

( Sumber: Dikelolah dari berbagai Sumber ) 
 

No response to “Cari Atau Tidak Cari Modal, Anda Harus Punya Proposal Usaha”

Leave a Reply