Kamis, 22 November 2012

Peluang Usaha Martabak

Peluang Usaha Martabak

Peluang Usaha Martabak
Di Indonesia martabak merupakan makanan yang sangat di gemari dan sudah di kenal oleh setiap kalangan. Pada umumnya ada dua macam makanan martabak yang di kenal luas di Indonesia. Yakni, martabak manis dan martabak telur. Martabak manis terbuat dari adonan tepung terigu cair yang di cetak menggunakan loyang khusus dan di isi berbagai macam isian seperti kacang tanah, mesis, ketan hitam, cokelat dan keju. Sedangkan martabak telur di buat dari campuran telur, bumbu dan daging yang di bungkus kulit tipis dan di goreng sampai matang, martabak telur juga biasa menjadi menu saat makan dengan nasi.

Deskripsi Usaha Martabak


Bahan Baku Martabak
Bahan baku martabak di bagi dua, untuk martabak manis bahan baku utama adalah tepung terigu, mentega, susu, gula pasir, telur dan aneka isian seperti ketan hitam, kacang tanah, keju dan lain lain. Sedangkan untuk martabak telur bahan bakunya adalah tepung terigu dan telur untuk adonan kulit dan untuk isiannya adalah telur, daging cincang, daun bawang dan bumbu lainnya. Anda juga harus membuat acar dan saus bagi martabak telur.

Tempat Usaha Martabak
Usaha kecil martabak bisa di lakukan di hampir setiap lokasi, di berbagai pusat keramaian dan pinggiran jalan pada umumnya ada usaha martabak. Usaha martabak tidak di batasi umur para penggemarnya,anda dapat berjualan di mana saja yang ramai. Carilah tempat ramai yang persaingannya tidak terlalu ketat.

Perlengkapan Usaha Martabak
Perlengkapan usaha martabak memerlukan beberapa tambahan peralatan yang harus anda miliki seperti loyang cetakan bagi martabak manis dan wajan agak datar untuk menggoreng martabak telur. Berikut perkiraan harga perlengkapan usaha yang harus anda keluarkan.
Perlengkapan Usaha     Harga - Rp
Gerobak atau etalase  1.500.000 - 2.500.000
Kompor dan tabung gas 200.000 - 300.000
Wajan datar berikut spatula   200.000 - 300.000
Loyang cetakan  150.000 - 250.000
Saringan Minyak    15.000 - 30.000
Wadah atau baskom plastik 100.000 - 150.000
Pisau, Talenan dan serutan keju   50.000 - 100.000

Karyawan
Usaha modal kecil martabak bisa di jalankan sendiri atau dengan bantuan seorang karyawan. Bila anda tidak begitu menguasai membuat martabak anda dapat mempercayakan pembuatan martabak pada karyawan anda, walau begitu semua proses produksi harus dalam pengawasan anda. Anda dapat menggaji karyawan anda sekitar Rp 600.000 - Rp 800.000 bila karyawan anda sipatnya hanya membantu melayani pembeli. Tapi bila karyawan anda yang melakukan seluruh proses produksi termasuk membuat martabak maka anda harus menggajinya lebih besar, antara Rp 800.000 - Rp 1.500.000

Promosi
Spanduk besar merupakan promosi standar yang dapat anda gunakan, anda juga bisa menyebarkan brosur di sekitar kawasan lokasi usaha.

Harga Martabak

Untuk martabak manis anda dapat menjualnya sekitar Rp 6.000 - Rp 15.000 tergantung isi martabak dan ukurannya. sedangkan untuk martabak telur berkisar Rp 7.000 - Rp 25.000 tergantung jumlah telur yang di minta.

Resiko Usaha Martabak
Persaingan yang ketat merupakan resiko utama peluang usaha martabak ini. Bila anda tidak begitu menguasai salah satu jenis martabak, anda dapat fokus dalam menjual satu jenis martabak saja. hal ini dapat mengurangi kerepotan dan kwalitas martabak yang anda pilih bisa lebih terjamin.

No response to “Peluang Usaha Martabak”

Leave a Reply