Kamis, 22 November 2012

Peluang Usaha Es Tebu

Peluang Usaha Es Tebu

Peluang usaha es tebu
Beberapa waktu yang lalu saya memilih meminum es tebu sebagai pilihan pemuas                      dahaga saat saya sedang haus di perjalanan di daerah Bogor, dimana rasanya manis dan aroma tebunya begitu segar. Saya sempat sedikit berbincang dengan pedagang es tebu tersebut, ternyata peluang usaha es tebu sangat menggiurkan. Pedagang tersebut yang menjajakan es tebu memakai mobil bak terbuka menggunakan sebuah mesin penggiling tebu mesin ukuran kecil, awalnya saya sempat berpikir kalo penjual ini berani mengorbankan mobilnya sebagai modal usaha. Ternyata dia berhasil menjual 150 - 200 cup perhari dengan harga Rp 3.000 per cup, atau sekitar Rp 450.000 - Rp 600.000 omzet per harinya. Bila dalam satu bulan dapat mencapai Rp 9 juta - Rp 12 juta. Dengan keuntungan bersih sekitar 60%, menakjubkan.

Deskripsi Usaha Es Tebu


Bahan Baku Es Tebu
Bahan baku utama tentusaja adalah pohon tebu, selain itu es batu juga anda perlukan sebagai bahan baku. Selain itu, bisa di bilang tidak ada lagi bahan baku yang di butuhkan untuk memulai usaha kecil es tebu

Tempat Usaha Es Tebu
Tempat usaha yang cocok adalah adalah di tempat keramaian, perempatan jalan, pasar, depan terminal atau bahkan sekolahan. Anda juga dapat menjual di depan Minimarket atau Mal, atau bahkan membuka kafe khusus dengan menu utama es tebu. Tentu dengan harga jual yang di sesuaikan lebih tinggi dari di pinggiran jalan.

Perlengkapan Usaha Es Tebu
Perlengkapan usaha es tebu cukup ringkas, peralatan utamanya adalah mesin pembuat tebu. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan anda. Harga sebuah mesin pembuat es tebu ber variasi, untuk manual dengan cara di putar tangan sekitar Rp 600.000 - Rp 1.000.000. Sedangkan untuk mesin listrik berkisar antara Rp 2.5 juta hingga Rp 10 juta, tergangtung kapasitas giling tebu. Perlu di ingat semakin besar ukuran mesin penggiling tebu listrik maka semakin besar kebutuhan listriknya, anda mungkin juga memerlukan sebuah Genset bila ingin berjualan secara berkeliling. Gerobak atau etalase juga anda perlukan.
Perlengkapan Usaha Es TebuHarga - Rp
Gerobak atau etalase1.500.000 - 2.000.000
Baskom penampung air tebu25.000 - 50.000
Termos es batu75.000 - 100.000
Mesin pembuat es tebu - Pilih sesuai kebutuhan
Manual ( usaha keliling & menetap)600.000 - 1.000.000
Mesin kapasitas kecil ( usaha keliling & menetap)2.500.000 - 3.000.000
Mesin Kapasitas sedang5.000.000 - 6.000.000

Karyawan
Anda tidak memerlukan karyawan untuk mengelola usaha ini, seluruh operasional usaha dapat anda jalankan sendiri.

Promosi dan Pemasaran Es Tebu
Bangun gerobak anda semenarik mungkin, ini merupakan promosi nyata bagi usaha anda. Pilihlah jenis tebu yang sama supaya rasa es tebu buatan anda tidak berubah dan mempunyai ciri khas tersendiri. Buatlah merek dan slogan yang mudah di ingat dan singkat.

Resiko Usaha Es Tebu
Resiko terbesar peluang usaha es tebu adalah hujan, saat mesin hujan omzet anda akan menurun drastis. Untungnya bahan baku usaha es tebu tidak akan basi selama anda belum menggilingnya, ini menghindarkan anda dari kerugian lebih besar di banding usaha es lainnya.

No response to “Peluang Usaha Es Tebu”

Leave a Reply