Kamis, 22 November 2012

Peluang Usaha Kulakan Sayuran

Peluang Usaha Kulakan Sayuran

Peluang Usaha Kulakan Sayuran, Usaha Kulakan Sayuran,Peluang Usaha, Kulakan Sayuran,pedagang sayur, pedagang grosir sayur, tengkulak sayuran,pasar induk,usaha grosir
Menjadi seorang tengkulak dan berusaha kulakan sayur, peluang usaha kulakan sayur sangat  menguntungkan dari segi bisnis. Saat ini muncul persepsi negatif terhadap usaha tengkulak yang  di anggap terlalu menekan para petani dengan harga murah dan menjualnya di pasar dengan  harga tinggi, tidak jarang para tengkulak juga sering meminjamkan uang pada para petani dan  memberi bungan yang tinggi sebagai cara mengikat para petani tersebut agar selalu menjual hasil  pertanian hanya padanya. Inilah yang menyebabkan tengkulak sering di artikan juga sebagai  rentenir yang menebar jaring laba-labanya pada para petani.

Lalu apa salah jika kita menjadi seorang tengkulak dan menjalani usaha kulakan sayuran? Tentu  tidak salah jika kita menjalaninya dengan tanpa merugikan orang lain dalam hal ini utamanya  adalah para petani. Lalu apa sebenarnya Usaha kulakan sayuran itu, usaha kulakan sayuran  adalah usaha perdagangan dengan membeli sayuran langsung dari para petani dan menjualnya  ke pasar pasar (pasar induk) secara grosir atau kulakan, baik itu menjualnya kepada para  pedagang sayur besar di pasar atau langsung membuka kios sayur di pasar tersebut untuk di jual  kembali pada para pedagang sayur.
Saat ini perbedaan harga yang tinggi antara harga sayuran di petani dengan harga sayuran di  tingkat pengecer sangat tinggi, bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat. Harus di akui hal ini sering di  akibatkan oleh permainan para tengkulak dan pedagang sayuran besar, namun ini bisa menjadi  peluang usaha yang bagus bagi anda. Tingginya perbedaan harga merupakan cermin tingginya  keuntungan bagi usaha kulakan sayuran ini.
Potensi pertanian khususnya sayur-sayuran banyak terpusat di daerah daerah penghasil  sayur-mayur seperti daerah Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sirampog di  Brebes bagian Selatan, Tanjungsari sebelah utara Kabupaten Sumedang, Puncak Jawa Barat dan  daerah dataran tinggi lainnya. Untuk memulai usaha ini anda membutuhkan modal yang cukup  untuk membeli sayuran dari para petani, selain itu kendaraan angkutan seperti truk atau  kendaraan roda empat bak terbuka juga wajib anda miliki sebagai sarana mengangkut sayur  sayuran yang anda beli ke pasar.

Membuat Kelompok Tani

Sebaiknya anda mempunyai petani binaan atau petani yang terbiasa menjual hasil kebun mereka  ke pada anda dari pada ke tengkulak lain, usahakan memberikan harga yang lebih tinggi dari para  tengkulak lain di daerah tersebut. Dengan demikian petani akan lebih memilih menjual hasil  pertanian pereka kapada anda, usahakan anda tidak terlibat dengan bisnis pinjam meminjam yang  pada akhirnya akan mendekati rentenir dan ini akan membuat anda tidak disukai oleh para petani  maupun lembaga lembaga pemerintah, LSM, dan lembaga lain yang membentu para petani. Bila  memang anda ingin membantu para petani maka bantulah dengan wajar dan usahakan jangan  memberikan bunga.
Anda juga bisa membuat kelompok tani atau komunitas pertanian lainnya sebagai sarana  mempermudah komunikasi dan jual beli hasil pertanian dengan para petani, bahkan bila mungkin  dibuatkan Koperasi sebagai wadah para petani. Dan anda sebagai tengkulak yang nantinya akan  membeli hasil pertanian yang di kumpulkan oleh kelompok tani atau koperasi tersebut ke pasar  induk. Dengan demikian tidak ada yang dirugikan baik petani maupun anda sebagai tengkulak,  bila ini terjadi maka usaha kulakan sayuran anda akan lebih cepat berkembang dan mendapat  kepercayaan dari para petani.
Hal lain yang mesti anda lakukan sebagai tengkulak adalah menjual sayuran yang anda beli dari  para petani pada para pedagang sayur skala besar di pasar induk. Anda harus pintar pintar  menyiasati hal ini dan mempertahankan harga jual setinggi mungkin, sebab ini bukan hanya akan  mempengaruhi keuntungan anda, tapi juga pada akhirnya para petani di bawah anda. Usahakan  anda menjalin hubungan baik dengan para pedagang sayur besar di pasar ini, ketersediaan stock  hasil pertanian yang besar yang bisa anda kirim ke pasar induk juga merupakan suatu nilai  tambah dan mempertinggi nilai tawar.

Menyewa Kios di Pasar Induk

Anda juga bisa menyewa kios sendiri dan menjual sayuran  yang anda bawa di kios tersebut, namun hal ini umumnya jarang di lakukan karena keterbataan  fisik para tengkulak untuk menjalankannya. Untuk menyiasatinya anda dapat mempercayakan pengelolaan kios ini pada orang yang anda percayai atau saudara, jadi anda dapat tetap fokus pada usaha kulakan sayur dengan petani
Usaha kulakan sayuran ini cukup mudah di lakukan, asalkan anda dapat menjalin hubungan baik  dengan petani dan para pedagang kulakan sayur dipasar. keuntungan yang di dapat cukup  menjanjikan. Namun anda juga mesti bisa merawat tubuh karena usaha kulakan ini memerlukan  waktu khusus untuk di jalani, yaitu saat malam hari di mana anda membawa sayuran dari petani  ke pasar induk. Semoga peluang usaha kulakan ini bisa anda manfaatkan dengan sebaik baiknya  dan juga bisa mensejahterakan para petani binaan.

41 Responses to “Peluang Usaha Kulakan Sayuran”

Unknown mengatakan...

Pusing ane coba2 kulakan sayur dari petani mau dijual ke pasar induk kalo belum ada penjual besar langganan ternyata susahnya setengah mati 😞😞

Unknown mengatakan...

Pusing ane coba2 kulakan sayur dari petani mau dijual ke pasar induk kalo belum ada penjual besar langganan ternyata susahnya setengah mati 😞😞

Unknown mengatakan...

om dwi kusmanto. berarti harus kenal dulu sama orang pasar ya?

Alamsyah mengatakan...

Pa Dwi.. boleh saya jadi marketingnya?.. :) wa 085216016161

Unknown mengatakan...

buwat yg berminat menjadi marketing kami boleh fon/wa 089639704645. barang yg ditawarkan sayur mayur berupa. kol,cabe,kentang,bawang merah.
alamat sy bsd tanggeeang selatan.

Unknown mengatakan...

Info agen penjual pete/petai,dan hasil bumi (kacang,kedelai,padi,jagung dll) lokasi tangerang,kmi mempunyai barang yg langsung dri petani di jawa tengah,info lebih lanjut WA 085718005622

didi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
didi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

bagi para tengkulak yang kekurangan sayuran bisa hub saya bisa diusahakan segala sayuran ada..082372761758

didi mengatakan...

saya bantu salurin sini...masuk pasar kemang bogor...satu truck sehari. harga sesuai harga bandar pasar kemang

didi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
didi mengatakan...

saya bisa bantu utk masukin ke pasar kemang bogor...harga sesuai harga pasaran kemang. 1 truck sehari utk kol utk kentang 2 truck 1 minggu.

Unknown mengatakan...

Modal awal bagi pemula kira2 harus nyiapin berapa ya...?

Unknown mengatakan...

Modal awal bagi pemula kira2 harus nyiapin berapa ya...?

Unknown mengatakan...

Pak didi brp no hp nya?
Atau kontak sy 082124264152
Nol delappan dua satu dua empat dua enam empat satu lima dua...
Mudah2an bisa kerjasama

Unknown mengatakan...

20 - 100 juta..
Cukup

Unknown mengatakan...

20 - 100 juta..
Cukup

Unknown mengatakan...

Pak didi brp no hp nya?
Atau kontak sy 082124264152
Nol delappan dua satu dua empat dua enam empat satu lima dua...
Mudah2an bisa kerjasama

Trusty mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Trusty mengatakan...

Maaf pak agus atas kesalahan penulisan nama.. Untuk lokasi pak agus dimana..??

Unknown mengatakan...

Yang butuh jasa angkut saya siap dari petani ke pasar , mobil ready pic up carry mega cargo 3 way
Info lanjut
0822-4583-7604(wa)

Unknown mengatakan...

Barang kali ada yg membutuhkan sayuran dan cabe saya bisa kirim,harga mengkikuti pasar...harga deal barang kirim...ada kol,sawi,wortel indofood/jawa,kentang,daun bawang,kembang kol,brokoli,buncis,tomat,timun,cabe merah,cabe ijo,rawit merah,rawit putih,rawit ijo,dll...barang dari wonosobo,.yg pasti fresh...jika berminat wa 081225514847...serius only...matur nuwun...

putra serba usaha mengatakan...

Pa didi bisa minta kontaknya saya ingin pasok wortel

Unknown mengatakan...

Di wonosobo mna pak

Unknown mengatakan...

kalau kangkung bayem masuk ngga pa didi

hartati mengatakan...

Saya ada stok jeruk nipis 1 ton,ada yg bisa bantu memasarkannya. Hub 081286071708

Dewi puspita mengatakan...

Saya punya banyak stok dari petani segala macam sayur mayur daerah Tangerang . Punya barang langsung dari petani Lembang untuk yang serius bisa hub WA 088801107092

Unknown mengatakan...

Yang mau di supply sayuran segar bisa hbungi saya, sayuran akan saya ambilkan dari petani langsung, sayuran dari tawangmangu. Untuk lebih lanjut bisa menghubungi saya 085647209568
Sayuran di jamin segar dan berkualitas.

Unknown mengatakan...

Bos didi boleh mnta kontaknya. Atau WA sy di 085777044853. Sy di depok dan punya link di jawa, cma bingung nyalurinya. Siapa tau bisa kerja sama.

Unknown mengatakan...

Ready stock siap supply cabe merah keriting dan bawang merah/putih area jabodetabek, harga akur, fresh & bergaransi, siap terima order hingga 1 ton/hari, tlpn/wa 085861395171 wiguna

Unknown mengatakan...

bagaimana cara nya agar saya bisa mendapat kan harga grosir brambang.. karena akan saya jual lagi keliling dari pasar ke pasar di area klaten jogja. . saya hasan email oscarhasan46@gmail.com
hp.085702004446

vell lhy channel mengatakan...

Agus prianto daerah mana

vell lhy channel mengatakan...

Bisa langsung beli di lahannya tidak pak

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Hubungi pak jumaidi di pasar induk jakabaring palembang menerima barang kiriman dalam jumlah besar Seperti wortel,kol,tomat dll
No hp : 081367151959

Unknown mengatakan...

Pak saya bisa minta kontak WA nya, sya ingin mnjdi supplier syuran bpk.. trima kasih

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Unknown mengatakan...

Saya tanya bos, penyaluran paprika baiknya di mana ya, mohon petunjuk.

Unknown mengatakan...

Pa didi minta no kontaknya

Denik mengatakan...

Saya mau cari sayuran yg akan saya eksport ke arab saudi dengan jumlah banyak setiap satu peti kemas berisi 1 jenis sayuran apabila langsung dari petani itu lebih baik terimakasih wa 085741185519 denik.

Leave a Reply