Selasa, 15 Januari 2013

Peluang Usaha Budidaya Arwana Silver



Budidaya ArwanaArwana Silver sangat menguntungakn jika dibudidaya. Satu ekor induk ikan Arwana Silver, mampu menghasilkan sekitar 100 ekor anak dengan nilai jual Rp 30.000 per ekor, untuk seumuran dua minggu pascainkubasi. Bila hasil panen 15 induk saja, larva / anak ikan yang dimuntahkan dari mulut induk dapat mencapai hingga 1.500 ekor. Maka hasil yang bisa diraup mencapai Rp 45 juta. Mesti bilang wow nih untukpotensi peluang bisnis budidaya ikan arwana silver ini.
Keunikan lain yaitu soal pemasaran, yakni calon pembeli musti membeli dalam jumlah ratusan ekor, bukan satuan. Meski demikian, jangan dikira usaha budi daya ikan yang mahal itu bisa dilakukan dengan gampang, karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi. “Budi daya Arwana Silver memang relatif lebih mudah, namun harus paham betul karakter dan perawatannya. Semisal, suhu air harus dijaga pada kisaran 25 hingga 30 derajat, kondisi air tetap baik, makanan memadai dan sesuai dengan kebutuhan ikan, dan juga penanganan ikan ketika terjadi sakit,” kata Pelaksana Budi Daya Arwana Silver Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Tjakrawidjaja.
Karena rumitnya proses itulah, selama tiga tahun, sejak tahun 2007 lalu, LIPI melalui Program Ilmu Pengetahuan & Teknologi di Daerah (Iptekda) di Cibinong Science Center (CSC), berusaha membudidayakan ikan Arwana Silver. Dan hasilnya cukup menggembirakan. Apalagi ikan bercorak dan berwarna menarik itu, tak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga untuk komoditas ekspor.
“Permintaan Arwana ini cukup tinggi dari berbagai negara. Jaringan perdagangannya di luar negeri juga sudah terbentuk,” tuturnya.
Lokasi untuk budi daya ikan arwana silver ini pun cukup menarik. Selain bisa melihat budi daya ikan Arwana berbagai macam jenis, juga bisa disaksikan budi daya ikan Nilem (Osteochilushasseltii) untuk terapi kesehatan dengan gratis. “Ikan untuk terapi harus yang tak bergigi agar tidak infeksi jika digunakan terapi,” tambahnya.
Syarat hidup ikan arwana silver
• pH: 6.0 sampai 6.9
• GH: 4 sampai 10
• Temperatur: 24 sampai 30 °C
• Panjang Maksimum: 120 cm
• Pakan: pakan hidup
• Reproduksi: egg layer – mouthbrooder
• Cahaya: terang tanpa sinar matahari
• Temperamen: tidak direkomendasikan untuk pemula
• Zone Renang: atas
• Set up Akuarium: akuarium dengan bebatuan, tanaman & kayu-kayuan
Arwana silver dalam perkembanganbiakannya melalui tahapan berkasih – kasihan yang sederhana. Telurnya termasuk berukuran besar yakni sekitar 1.5 cm. Induk jantan akan mengerami telur dalam mulutnya selama 50 hingga 60 hari. Burayak baru akan meninggalkan induk setelah katung telurnya habis diserap, pada saat tersebut biasanya burayak punya ukuran 8 – 10 cm.
Sebelum memutuskan untuk budidaya arwana ada baiknya jika banyak belajar terlebih dahulu.

One response to “Peluang Usaha Budidaya Arwana Silver”

Unknown mengatakan...

postingan yang bagus banget...semoga bermanfaat, ditunggu postingan selanjutnya. salam kenal dari:Jual Benih Sayuran

Leave a Reply