Minggu, 17 Februari 2013

Menyulap Lahan Kosong Menjadi Sumber Profit


lahan_kosong
Lahan kosong adalah aset. Tapi sayangnya, banyak orang yang belum memanfaatkannya sebagai sumber profit. Sebagian besar dikarenakan minimnya pengetahuan khalayak mengenai peluang agrobisnis atau peluang usaha lain yang bisa diterapkan pada lahan kosong tersebut.

Meraup profit dari lahan kosong, baik yang luas ataupun yang sempit, membutuhkan perencanaan matang serta transparan. Mengapa? Sebab, hal tersebut tak hanya berhubungan dengan modal saja melainkan dengan tenaga kerja. Berikut adalah informasi yang bisa dijadikan panduan bagi Anda yang ingin memanfaatkan lahan sebagai sumber profit.

Lahan Sempit
  • Lahan sempit bisa dipergunakan untuk memelihara ternak seperti ayam, kelinci atau hewan lain yang bisa menghasilkan profit bila dibudidayakan. Untuk mengurangi biaya pakan ternak yang memakan rumput, budi dayakan mereka di kandang terbuka bila lahan Anda berumput.
  • Lahan sempit juga dapat dipergunakan untuk membudi daya tanaman atau bunga eksotis. Cermatlah dalam memilih bibit, ada baiknya memilih bibit yang unik agar menghasilkan sayur unggulan atau bunga langka dengan warna mencolok yang jarang ditemui khalayak.
  • Selain untuk budi daya ternak dan tanaman, lahan yang sempit juga bisa dimanfaatkan sebagai venue yang bisa disewakan, misal untuk lahan parkir (jika lahan Anda terletak di tengah kota), tempat hiburan mini, dll. Jika lahan kosong Anda sudah dipergunakan untuk budi daya tanaman atau ternak, Anda bisa menambah penghasilan dengan melakukan pelatihan mengenai tata cara menanam atau memelihara ternak dengan cara organik misalnya. Membuka resto yang menawarkan hidangan dari “kebun” atau “kandang” mini Anda juga dapat dilakukan untuk menambah pundi-pundi profit.

Lahan Luas
  • Pemanfaatan lahan yang luas hampir mirip dengan lahan yang sempit, yakni bisa dipakai untuk lokasi budi daya ternak atau tanaman, hanya saja skalanya lebih luas dan Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan keduanya dalam satu area.
  • Bila tak ingin bersusah payah namun tetap ingin menjaga keasrian lahan kosong Anda, sewakan saja kepada pelaku agrobisnis yang mungkin membutuhkan lahan untuk ekspansi bisnisnya. Dengan demikian, Anda bisa memeroleh profit dari biaya sewa tersebut.
  • Jika lahan Anda terletak di tengah kota, buatlah kontrakan atau kos-kosan yang bisa disewakan. Bila tertarik dengan bisnis ini, Anda perlu memerhatikan aturan-aturan pemerintah yang berlaku seperti ijin bangunan, dll serta mempertimbangkan juga keasrian kawasan agar kelestarian lingkungan tetap bisa terjaga.
  • Jika lahan Anda terletak di daerah pedalaman, ciptakanlah “hutan” mini atau kebun palawija. Tanami dengan pohon jati atau tanaman rempah yang bisa dipanen sebagai bahan baku obat herbal. Selain bisa menghasilkan uang dan menjadi investasi, bisnis ini juga menghantarkan Anda pada program pelestarian lingkungan.

Saran
  1. Manfaatkanlah lahan kosong Anda sesuai dengan aturan serta kaidah yang benar. Jangan sampai usaha Anda merugikan pihak lain atau malah merusak lingkungan. Situs eHow.com memberi tips; sebaiknya mulailah dari skala yang kecil dan bila terrtarik mengelolanya untuk agribisnis, pakailah sistem organik untuk hasilkan produk unggulan nan sehat.
  2. Sebelum memutuskan untuk menyulap lahan kosong menjadi sumber profit, pastikan Anda memiliki surat-surat kepemilikan lahan yang sah atas lahan tersebut agar Anda tak terjerat hukum. (*/ely)

No response to “Menyulap Lahan Kosong Menjadi Sumber Profit”

Leave a Reply