Selasa, 05 Februari 2013

Oddgreen, Berawal dari Hobi




ICHA RASTIKA
Pengunjung Pameran Furniture JCC Melihat-Lihat Kalung Oddgreen

 Gelang tali dan kalung berliontin keramik itu menarik perhatian pengunjung pameran furnitur Indonesia 2010 di Jakarta Convention Center, Minggu (21/2/2010).
Tidak hanya bentuknya yang unik dan imut, tetapi harganya yang hanya Rp 10.000 membuat pengunjung pameran yang menampilkan mebel-mebel mewah itu terkejut. "Ini untuk charity(menggalang dana), ya?," tanya seorang pengunjung yang terkejut dengan murahnya produk Oddgren besutan Hendralian dan Isdihar itu.
Ya, produk Oddgren memang berbeda dengan produk mebel impor yang dipamerkan di JCC yang harganya mencapai ratusan juta rupiah. Oddgreen menjual produk buatan tangan industri rumahan asli Bandung yang didirikan Isdihar dan Hendralian tiga tahun yang lalu. "Ini produksi rumahan, usaha kecil mikro, tapi kami sudah sampai Kalimantan. Mulainya dari hobi bikin keramik," ujar Lian.
Barang termahal yang dijual Oddgreen hanya Rp 500.000 berupa piring keramik yang dilukis sendiri oleh Isdihar. "Ini lukisan medianya keramik harganya Rp 500.000. Ini memproduksinya, bakarnya saja 7-12 jam dengan suhu 1.250 derajat celsius," ujar Hendralian.
Keramik-keramik lukis produksi Oddgreen menggunakan glasir untuk pewarnaan. Menurut Hendralian, glasir tidak mudah luntur dan warnanya mudah meresap ke dalam keramik. Uniknya lagi, desain produk-produk Oddgreen tidak ada yang sama satu sama lain layaknya baju-baju di butik.
Sampai saat ini, Oddgren telah mengkreasikan barang-barang berupa piring hias, mug, tempat lilin, tea-set, lonceng angin, dan pen holder. Terlihat produk keramik-keramik lukis yang dipamerkan bernilai seni tinggi yang dibuat dengan ketekunan dan kreativitas.
Mengenai pemilihan desain keramik, Hendralian mengatakan, ia lebih sering menggunakan cat berwarna cerah yang terkesan pop sehingga digemari anak muda. Kretivitas kedua lelaki itu saat ini telah menuai prestasi. "Vas seri anak kami menang pekan kerajinan Jawa Barat, Desember 2009, jadi produk terbaik. Pen holder juara dua," kata Hendralian.
Beruntungnya, lanjut Hendralian, saat ini Oddgreen yang sebelumnya dipasarkan melalui blog telah menjadi produk binaan PT Biofarma sehingga mendapat bantuan dana untuk ikut serta dalam pameran-pameran produk.
"Harapannya, kami pengin punya satu tempat untuk bagi-bagi ilmu, untuk orang belajar bikin keramik. Kalau bisa ada kafenya juga," imbuh Hendralian. Tertarik? Datanglah ke pameran furniture JCC yang digelar hingga 28 Februari.

No response to “Oddgreen, Berawal dari Hobi”

Leave a Reply